Thursday, August 1, 2013

Cara Menstimulasi Bayi Agar Bisa Tengkurap Sendiri (Cara Menstimulasi Bayi)

Cara Menstimulasi Bayi Agar Bisa Tengkurap Sendiri (Cara Menstimulasi Bayi)
 (Cara Menstimulasi Bayi)
Cara Menstimulasi Bayi Agar Bisa Tengkurap Sendiri (Cara Menstimulasi Bayi) - Meskipun secara alamiah, bila perkembangannya normal, bayi sebenarnya bisa menengkurapkan tubuhnya sendiri, namun, ada beberapa bayi yang perlu distimulus oleh agar bisa tengkurap sendiri. Tidak ada salahnya bila Anda membantu bayi Anda untuk bisa tengkurap dengan cara menstimulusnya sehingga dia mampu membalikkan tubuhnya sendiri hingga akhirnya tengkurap. Semakin cepat bayi Anda bisa tengkurap, sudah pasti perkembangan kemampuan motorik selanjutnya juga semakin baik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi bayi Anda agar bisa tengkurap sendiri, yaitu:

Mulailah melatih bayi Anda tengkurap setiap hari dalam periode singkat. Bantu bayi membalikkan tubuhnya dan biarkan ia berada pada posisi tengkurap sekitar 2-3 menit. Bila sudah terbiasa, durasi bisa ditingkatkan menjadi 10-15 menit sehari. Lakukan 3 kali tengkurap setiap harinya.

Tengkurapkan bayi pada kedua paha Anda. Posisi tersebut akan membuat kepala bayi tergantung dan melatih dirinya untuk bisa mengangkat kepalanya sendiri.Posisi lainnya adalah menengkurapkan bayi di atas tubuh Anda yang berbaring dalam posisi terlentang. Posisi seperti itu membuat kontak mata antara Anda dan bayi Anda tetap terjaga.

Bila bayi Anda belum bisa mengangkat kepalanya, maka bantulah ia dengan cara memberi sanggahan berupa bantal lembut untuk menopang dagunya, Anda harus tetap mengawasinya.Bila bayi Anda sudah terbiasa ditengkurapkan, maka Anda bisa menengkurapkan bayi Anda pada bidang datar lainnya yang tetap lembut, lunak dan empuk. Tengkurapkan ia pada tempat-tempat seperti di atas kasur atau matrass. Letakkan pula mainan-mainan beraneka warna menarik, mainan yang bisa mengeluarkan suara, atau buku-buku bergambar-gambar lucu di sekitarnya. Hal itu bertujuan untuk melihat bagaimana responnya untuk meraih mainan-mainan yang berada di sekitarnya. Selain itu, meletakkan mainan di sekitarnya akan menstimulus bayi untuk dapat menggerakkan otot tangan, leher, dan pahanya.

Ketika bayi berada pada posisi tengkurapnya, coba sesekali gulingkan tubuhnya menjadi posisi telentang. Bila ia sudah merasa nyaman dengan posisi tengkurap, maka ia akan berusaha untuk membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi tengkurap tanpa bantuan Anda. Bila ia belum bisa, bantu ia dengan cara menyilangkan salah satu kakinya agar kakinya bisa menggulingkan tubuhnya sendiri.

Cara Menstimulasi Bayi Agar Bisa Tengkurap Sendiri (Cara Menstimulasi Bayi)

0 comment:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India