Tuesday, March 12, 2013

Cara Menstimulasi Bayi 3-6 Bulan (Cara Menstimulasi Bayi)

Cara Menstimulasi Bayi 3-6 Bulan (Cara Menstimulasi Bayi)
Cara Menstimulasi Bayi 3-6 Bulan (Cara Menstimulasi Bayi)
Cara Menstimulasi Bayi 3-6 Bulan (Cara Menstimulasi Bayi) - Pada masa bayi, sebagian besar stimulasi yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan motorik, baik kasar maupun halus, karena bayi sedang giat-giatnya meningkatkan kemampuan motoriknya. Semakin sering kemampuan motorik distimulasi, maka perkembangan ototnya akan semakin matang. Meski begitu, stimulasi tetap dapat memberikan manfaat ganda. Saat orangtua melatih kemampuan motorik anak, maka kemampuan lain seperti bahasa, kognitif, dan lainnya akan ikut terasah.

Penting dicatat, stimulasi harus diberikan menyesuaikan usia dan kemampuan bayi. Beda usia beda stimulasinya. Berikut penjelasan Titi P Natalia M,Psi, Staf Pengajar Program Magister Psikologi Universitas Tarumanegara Jakarta, mengenai stimulasi tepat untuk bayi usia 3-6 bulan. Pada usia ini kemampuan bayi semakin baik. Ia bisa mengangkat kepala, meraih benda, dan lainnya.

Alat dan cara bermain:
* Cermin. Gunakan cermin yang ada di lemari, dinding, atau cermin kecil yang dapat dipegang. Gendong bayi di hadapan cermin, ia pasti senang. Biarkan ia meraba-raba cermin itu. Sambil bercermin, tunjuk satu per satu bagian wajahnya, kepala, mata, mulut, hidung, dan seterusnya. Stimulasi ini memiliki sejumlah manfaat, di antaranya belajar mengenali diri dan beberapa bagian anggota tubuhnya dan mengasah kemampuan emosi. Bayi belajar mengenai emosi dan ekspresi, seperti ketika ia tertawa ekspresinya berbeda ketika ia cemberut. Mungkin ia juga akan mengedipkan mata, memonyongkan mulut, melebarkan kelopak mata, dan lainnya yang membuat ia lebih memahami ekspresi wajahnya.

* Plastik atau kertas koran. Remas plastik atau kertas koran itu, tapi jangan sampai menggumpal. Kemudian, minta si kecil ikut meremasnya. Suara yang keluar saat plastik atau kertas koran diremas akan membangkitkan rasa ingin tahu bayi. Tak hanya tangan, sentuhan di telapak kaki pun bisa kita berikan. Manfaat stimulasi ini adalah melatih kemampuan sensori dari tekstur plastik dan kertas. Sensitivitas kaki bayi pun akan terasah sebagai modal untuk belajar berjalan.

* Mainan atau benda menarik. Perlihatkan mainan atau beda yang menarik perhatian bayi, lalu letakkan mainan itu sejauh jangkauan tangan bayi. Biarkan bayi berusaha meraih mainan atau benda tersebut. Manfaatnya, meningkatkan kemampuan motorik halus dan menstimulasi kemampuan sensori jika benda yang digunakan beraneka warna dan konturnya berbeda.

Cara Menstimulasi Bayi 3-6 Bulan (Cara Menstimulasi Bayi)

0 comment:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India